Merawat Laptop bag 3

Merawat Laptop

Harga laptop yang semakin lama semakin turun menyebabkan laptop sudah bukan menjadi barang mewah lagi, tentu bagi sebagian orang. Di kalangan mahasiswa sendiri, yang penulis berada di dalamnya, makin banyak orang yang memiliki laptop. Tidak hanya bagi mahasiswa komputer yang memang membutuhkan interaksi yang sering dengan komputer, tetapi juga mahasiswa-mahasiswa fakultas lain, seperti fakultas sosial, ilmu pengetahuan alam, maupun teknik. Salah satu penyebabnya mungkin karena fasilitas internet nirkabel (Wi-Fi) yang semakin menjamur di berbagai tempat di kampus.
Tentu sebuah kemajuan besar bagi Indonesia dengan semakin banyak orang yang melek teknologi informasi dan internet karena banyaknya yang memiliki laptop. Untuk menjaga kemajuan bangsa tersebut, laptop sebagai salah satu pendukung harus dirawat dengan baik. Lewat tulisan yang Insya Allah bersambung ini, penulis akan sedikit berbagi cerita dan pengalaman tentang bagaimana merawat laptop supaya panjang umur, tetap dalam kondisi baik, dan tetap bisa menjadi pendukung kemajuan bangsa Indonesia.
Bagian pertama dari tulisan bersambung ini adalah tentang merawat laptop secara fisik
I. Merawat Fisik

1. Penting! Jangan menaruh beban berat di atas laptop. Jangan menginjak, menaruh buku yang berat, maupun hal-hal lain yang memberikan tekanan pada laptop. Berdasarkan pengalaman pribadi, tekanan pada bagian atas laptop akan menyebabkan goresan permanen pada layar LCD.
2. Badan laptop (bagian atas/penutup laptop dan bagian di sekeliling keyboard) yang terbuat dari plastik adalah bagian rentan goresan. Jika memungkinkan, gunakan plastik pelindung yang ditempelkan ke badan laptop untuk menutupi bagian-bagian tersebut. Biasanya, plastik tersebut tidak diberikan oleh produsen laptop, melainkan oleh toko. Ada beberapa toko laptop yang memberikan plastik penutup sebagai bonus. Jika tidak, coba tanyakan ke toko tempat membeli laptop, apakah bisa membeli plastik pelindung itu.
3. Sebisa mungkin, jangan bawa laptop di dalam tas yang penuh berisi barang-barang. Laptop bisa terkena tekanan (lihat nomor 1), juga memperbesar peluang tergoresnya badan laptop. Kalau bisa gunakan tas laptop yang terpisah dari tas barang-barang lainnya. Walaupun sedikit lebih merepotkan dan membuat peluang tas laptopnya tertinggal (pengalaman pribadi, baca: ), ini adalah tips perawatan laptop yang cukup penting.
4. Minimalkan peluang laptop tergencet-gencet walaupun ada di dalam tas, seperti berada dalam bis maupun kereta yang penuh. Bagi yang pulang pergi naik kendaraan yang penuh, sebaiknya laptopnya jangan dibawa, karena berisiko tergencet. Selain alasan tergencet, alasan kemanan juga penting.

Semoga Bermanfaat!!!

~ oleh sekapursirihtravel pada Maret 16, 2009.

 
%d blogger menyukai ini: