Merawat Laptop

Merawat Laptop

Merawat laptop memang terbilang sepele. Tapi mengabaikannya bisa menjadi bumerang yang mahadahsyat. Padahal tak susah, kok. Banyak hal kecil yang bisa dilakukan tapi tak membuang biaya ataupun waktu Anda. Berikut ini beberapa di antaranya:

Paket Software
Menjelajahi dunia maya memang mengasyikkan. Apalagi kalau ada paket software yang bisa di-download secara cuma-cuma. Tapi jangan sembarangan mengambil perangkat lunak itu. Risiko terinfeksi virus amat memilukan. Kalaupun Anda sangat tertarik, pastikan program antivirus Anda bekerja dengan baik dan up-to-date. Gunakan antivirus itu secara berkala dan teratur, misalnya satu kali dalam satu atau dua minggu.

Stabilizer
Laptop bekerja dengan tunjangan daya baterai. Tapi banyak yang memakai laptop seraya menghubungkan kabelnya ke colokan listrik. Padahal daya listrik naik-turun, tak seperti baterai laptop yang cukup stabil. Usahakan bekerja hanya dengan menggunakan baterai laptop. Kalau tak bisa menghindarinya, gunakan stabilizer yang mengantarai daya listrik dan laptop Anda.

Baterai
Sebaiknya tidak menggunakan laptop sebelum baterai terisi penuh. Kalau Anda menggunakan baterai baru, isi penuh dan kosongkan lagi. Sebab, bahan kimia di dalam baterai baru berbeda karakteristiknya dengan baterai yang telah dipakai beberapa kali. Begitu pula dengan baterai yang beberapa bulan tak pernah dipakai. Kalau Anda berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama, ingatlah untuk melepas baterai dari laptop.
Kalau laptop Anda menggunakan baterai NiMH (nickel metal hydride), usahakan mengosongkannya secara teratur, sekali sebulan misalnya. Pengosongan itu ditandai dengan modus indikator yang menunjukkan level nol persen. Kalau itu tercapai, isi kembali baterai sampai indikatornya 100 persen. Dengan begitu, baterai laptop Anda dijamin awet.

Hard Disk
Hard disk tempat menyimpan data. Perannya tentu sangat penting. Ada baiknya membagi hard disk laptop Anda menjadi dua partisi, satu sebagai penyimpan operasi sistem laptop, satunya lagi untuk menyimpan data penting.
Pengaturan cara dan tempat menyim-pan file secara tertib memudahkan hard disk bekerja saat file tersebut diakses atau akan dihapus. Selain itu, hal ini mengurangi risiko menghapus program penting secara tak sengaja. Buatlah folder untuk setiap kategori data Anda.

Casing
Membersihkan laptop tak cuma berguna untuk kebersihan casing laptop, tapi juga mencegah masuknya debu atau kotoran lain ke dalam laptop melalui ventilasi yang ada. Debu dapat merusak komponen dalam laptop.

Layar
Layar laptop umumnya menggunakan jenis liquid crystal display (LCD) alias layar kristal cair. Seperti namanya, LCD dibentuk oleh cairan kristal untuk menghasilkan gambar. Jadi memang agak sensitif. Maka jangan pernah menindih laptop dan jaga agar laptop terhindar dari sentuhan benda keras atau tajam seperti pulpen. Kalau ingin membersihkan layar, gunakan kain lembut yang kering.

Program
Jangan pernah mengutak-atik file¨-file program, kecuali untuk membuka atau sekadar bekerja dengan program tersebut. Mengubah nama program (rename) atau memindahkannya ke folder lain membuat laptop Anda kehi¨langan jejak saat ingin menelusuri data.

Suhu
Meski memiliki kinerja tinggi, laptop sesungguhnya benda sensitif, bahkan terhadap suhu. Suhu yang ekstrem, terlalu dingin atau terlalu panas, bisa mengganggu kinerja atau merusak laptop. Jauhi kondisi seperti itu, misalnya dengan cara tidak meninggalkan laptop di dalam mobil yang diparkir di bawah terik matahari.

Prosedur
Dalam bekerja, ikuti prosedur standar yang ada. Misalnya, matikan laptop Anda dengan cara men-shutdown. Jangan mematikannya dengan menggunakan cara selain itu. Jangan pula mematikan laptop saat lampu indikator hard disk masih menyala. Itu berarti hard disk masih bekerja, Biarkan laptop mati dengan sendirinya.

Medan Magnet
Banyaknya hot spot yang memungkinkan pengguna laptop bisa mengakses Internet di mana saja memang mengasyikkan.Tapi perhatikan lingkungan tempat Anda bekerja. Jangan bekerja di dekat aneka perangkat lain yang menghasilkan medan elektromagnetik yang cukup besar. Medan elektromagnetik itu bisa merusak hard disk dalam laptop. Misalnya saja, kalau Anda ingin menyinkronkan telepon seluler dan laptop Anda dengan fasilitas Bluetooth, usahakan keduanya berjarak minimal 20 centimeter.

Reparasi
Jangan pernah membongkar laptop Anda sendiri. Tindakan ini sangat tidak bijaksana. Laptop berbeda dengan perangkat elektronik lain. Di dalamnya terdapat ribuan benda kecil yang bahkan tak bisa dilihat dengan mata telanjang, yang dirakit dengan menggunakan robot. Kalau laptop rusak dan harus diperbaiki, bawalah ke ahlinya. Tapi jangan ke sembarang tempat reparasi elektronik.

Semoga Bermanfaat!!
Untuk Informasi Lebih Lengkap bisa mengKlik Alamat dibawah ini:
Ijee-wordpress.com/ifan_thea@yahoo.com (YM)

~ oleh sekapursirihtravel pada Maret 16, 2009.

Satu Tanggapan to “Merawat Laptop”

  1. bagus juga artikelnya, kebetulan baru beli laptop jadi perlu banyak baca tips-tips kayak genehhh tapi kayaknya kurang lengkap, coba di cari bro cara menyimpan laptop yang benar…..
    thanks.

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: